Senin, 07 Desember 2015

STUDI KASUS BOLIVIA TEORI KONFLIK

Diposting oleh Unknown di 17.35

STUDI KASUS DI BOLIVIA

 

Metode untuk Menilai Keselamatan Lalu Lintas di Negara Berkembang oleh Sverker Almqvist dan Christer Hyden (Isu bangunan Volume 6 , Nomor 1 , 1994).

Ø  Mererapkan konflik lalu lintas di Negara berkembang untuk menilai keselamatan lalu lintas.

Ø  Permasalahan yang ditemukan:

1.      Kapasitas kendarran tinggi

2.      Meningkatnya lalu lintas

 

A.    Cara awal

1.      Mentraining observer

2.      Studi yang dilakukan di 3 lokasi(3 simpang)

3.      Mengajukan perubahan engineering tapi tidak dalam harga yang tinggi,seperti :

§  Pemberian rambu

§  Member speed hump

 

B.     Tujuan

1.      Menguji penggunaan TCT (traffic conflict tecnic) pada suatu tempat.apakah TCT nya sesuai atau tidak.

2.      Mengukur keselamatan tempat tersebut.

3.      Menguji penggunaan TCT untuk keselamatan.

 

Contoh studi kasus yang telah dilakukan:

a.       Cocabamba terdapat 500.000 jiwa.

b.      Terletak di 2600 di atas permukaan laut

c.       Banyak orang jalan kaki tapi tidak banyak yang bersepeda

d.      Adea banyak vehicle(1 mobil per 6 jiwa)

 

C.     Langkah – langkah

1.      Identifikasi masalah- prioritas (ada masalah apa saja yang diprioritaskan)

Tujuan :

·         Mengukur dimana,ketika,tipe/jenis

·         Mengidentifikasi masalah umum atau tertentu

2.      Menganalisis alas an dibalik masalah keamanan dan membuat hipotesis

3.      Identifikasi penanggulangan dengan memberikan solusinya.

4.      Tindak lanjut

Sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan pengetahuan dan keahlian untuk meningkatkan keselamatan di kondisi lokal setempat.

              

               Contoh penggambaran lokasi dan lalu lintas:

v  Daerahnya perniagaan

v  Jalannya ada yang aspal ada yang batu (paving)

v  Lampu hijau pada APILL yang tersedia siklusnya pendek sehingga menyusahkan pedestrian untuk menyebrang.

v  Pengetahuan pengemudi masih rendah

v  Banyaknya angkutan kota yang kelebihan muatan (OVERLOAD) dan berhenti disembarang tempat walaupun sudah mempunyai trayek.

 

 

 

 

 

HASIL DARI STUDI KONFLIK

Tabel di samping merupakan  data Jumlah konflik yang relatif tinggi dengan rata – rata 3,3 konflik /jam.Dalam sebuah studi Swedia besar rata-rata konflik secara keseluruhan adalah 0,6 / jam .

 

 

 

risiko bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda dapat kita liat di dua persimpangan di bagian tengah kota Calle Colombia / Avenida Oquendo dan Avenida Ayacucho / Calle Tarata. Berikut adalah permasalahan yang terjadi di persimpangan jalan tersebut:

1.     



A. Permasalahan yang teridentifikasi

·         Desain asimetris dari persimpangan menghalangi visi dari pintu                                                                                                                                      masuk Calle Kolombia

·         Aturan prioritas yang tidak jelas antara dua jalan persimpangan

·         Sejumlah besar pejalan kaki, pengendara sepeda dan moped lintas tidak diatur

·         Daerah terdefinisi besar di persimpangan

·         Kecepatan kendaraan tinggi dari Oquendo masuk

 

               B. Solusi

                              

·         Menggunakan kerbstones dan tanda-tanda permukaan jalan untuk mengurangi lebar dua jalur di kedua arah.

·         Tidak di berlakukan nya lagi jalur memutar terpisah dari Calle Kolombia

·         Lebih di perjelas tanda penyeberangan zebra bersama-sama dengan pagar

·          

2.      A.  Permasalahan yang teridentifikasi

1.      Banyak pejalan kaki menyeberangi lebar Avenida Ayacucho dengan lalu lintas berat dan cepat antara atraksi utama, terminal bus dan pasar daerah

2.      Taksi dan kendaraan lain berhenti tidak diatur di luar pintu masuk terminal bus

3.      Kecepatan tinggi di jalan utama Avenida Ayacucho

4.      Meninggalkan memutar mobil dari Avenida Ayacucho mengalami kesulitan dalam mencari celah waktu yang cukup untuk aman bergantian kiri

5.      Ada sejumlah besar sepeda pada saat ini, serta meninggalkan mobil memutar

       

          B.  Solusi

 

              

1.      Menyederhanakan menyeberang jalan, yang dapat dilakukan dengan memperpanjang pulau lalu lintas tengah dan menambahkan penyeberangan jelas ditandai

2.      Mengatur berhenti daerah taksi

3.      Menghentikan mobil dari belok kiri dari Avenida Ayacucho ke Calle Tarata

4.      Itu bisa dibahas apakah keluar kendaraan dari terminal harus memiliki lampu lalu lintas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      A. Permasalahan yang teridentifikasi

  

 Kecepatan kendaraan tinggi dan variasi dalam kecepatan pada Blanco Galindo;

1.      Lebar persimpangan dapat membuat kesulitan bagi menyeberang pengguna jalan;

2.      Mobil beralih ke dan dari Blanco Galindo;

3.      Campuran pengguna jalan di jalan;

4.      Bagian rendah di sisi jalan membuat sulit bagi kendaraan angkutan berat masuk Blanco Galindo.

 

            B. Proposal

 

              

1.      Memperkenalkan bundaran dengan dua jalur ditandai di setiap arah.

2.      Diameter lingkaran dalam harus dirancang sehingga kecepatan akan berkurang jelas

3.      Fasilitas menarik dan aman harus diperkenalkan untuk menyeberang pejalan kaki dan pengendara sepeda (bus dan taksi berhenti menarik, penyeberangan zebra dan mungkin jalur lokal untuk kegiatan yang berbeda di sepanjang jalan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

>

0 komentar:

Posting Komentar

 

"Gold Generation" Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting