Senin, 07 Desember 2015

KATUP ( KKB )

Diposting oleh Unknown di 18.07



Katup (Valve)  
        Katup digerakkan oleh mekanisme katup, yang terdiri atas:
  • Poros cam 
  • Batang penekan 
  • Pegas penutup 
  • Rol baut penyetel
             Katup hanya terdapat pada motor empat langkah, sedangkan motor dua langkah umumnya tidak memakai katup. Katup pada motor empat langkah terpasang pada kepala silinder. Tugas katup untuk membuka dan menutup ruang bakar. Setiap silinder dilengkapi dengan dua jenis katup (isap dan buang) Pembukaan dan penutupan kedua katup ini diatur dengan sebuah poros yang disebut poros cam (camshaft). Sehingga silinder motor empat langkah memerlukan  dua cam, yaitu cam katup masuk dan cam katup buang. Poros cam diputar oleh poros engkol melalui transmisi roda gigi atau rantai. Poros cam berputar dengan kecepatan setengah putaran poros engkol. Jadi, diameter roda gigi pada poros cam adalah dua kali diameter roda gigi pada poros engkol. Sebab itu lintasan pena engkol setengah kali lintasan poros cam. 
         Katup dibuat dari bahan yang keras dan mudah menghantarkan panas. Katup menerima panas dan tekanan yang tinggi dan selalu bergerak naik dan turun, sehingga memerlukan kekuatan yang tinggi. Selain itu hendaknya katup tahan terhadap panas dan gesekan. 
          Fungsi katup sebenarnya untuk memutuskan dan menghubungkan ruang silinder di atas piston dengan udara luar pada saat yang dibutuhkan. Karena proses pembakaran gas dalam silinder mesin harus berlangsung dalam ruang bakar yang tertutup rapat. Jika sampai terjadi kebocoran gas meski sedikit, maka proses pembakaran akan terganggu. Oleh karenanya katup-katup harus tertutup rapat pada saat pembakaran gas berlangsung.

           Katup masuk dan katup buang berbentuk cendawan (mushroom) dan di sebut “poppet valve”. Katup masuk menerima panas pembakaran, dengan demikian katup mengalami pemuaian yang tidak merata yang akan berakibat dapat mengurangi efektivitas kerapatan pada dudukan katup. Untuk meningkatkan efisiensi biasanya lubang pemasukan dibuat sebesar mungkin. Sementara itu katup buang juga menerima tekanan panas, tekanan panas yang diterima lebih tinggi, hal ini akan mengurangi efektivitas kerapatan juga, sehingga akibatnya pada dudukan katup mudah terjadi keausan. Untuk menghindari hal tersebut, kelonggaran (clearence ) antara stem katup dan kepala stem dibuat lebih besar. 
          Untuk membedakan katup masuk dengan katup buang dapat dilihat pada diameter keduanya, diameter katup masuk umumnya lebih besar dari pada katup buang. 

          Kepala katup mempunyai peranan yang sangat penting, karena ia harus tetap bekerja baik, walaupun temperaturnya berubah- ubah. Bidang atas kepala katup ini disebut tameng. Bentuknya ada yang cekung dan ada yang cembung. Tameng cekung disebut tameng terompet dan biasanya dipakai sebagai katup masuk. Sedangkan tameng cembung dipakai sebagai katup buang karena kekuatannya yang lebih tinggi.
        Pada katup juga terpasang pegas-pegas. Pegas-pegas katup ditugaskan untuk menutup katup sesuai dengan gerak tuas ungkit menjauhi ujung batang katup. 
Inovasi Penempatan Katup
       Berbagai jenis katup dapat pula dibedakan dari cara  penempatannya pada kepala silinder. Inovasi mesin sepeda motor dilakukan untuk mengantisipasi kecepatan tinggi, penambahan tenaga output dan upaya konstruksi seringan mungkin. Ada tiga macam inovasi katup dari segi penempatannya, yaitu Katup Samping (Side-Valve), Overhead-Valve (OHV) dan Single Overhead Camshaft (SOHC).
         Katup samping (SV) merupakan konstruksi yang paling sederhana dan ringan dan mekanis penggeraknya ditempatkan di samping katup. Model ini dianggap yang paling tua dan kurang mampu melayani putaran tinggi. Oleh karena itu, model ini dimodifikasi menjadi model OHV. Katup jenis ini memiliki batang katup yang lebih panjang karena digerakkan oleh poros cam yang terletak sejajar dengan poros engkol. Gerakan poros cam dipandu oleh pipa yang terpasang kuat pada blok silinder. Jenis yang ketiga (SOHC) dirancang untuk membuat komponen sistem katup lebih ringan. Batang katup digerakkan bukan oleh poros cam, yang dianggap membuat komponen lebih berat, tetapi melalui roda gigi. Bahkan, pada inovasi terbaru ada pula yang digerakkan oleh rantai (cam chain). Inovasi terakhir ini disebut Double Overhead Camshft (DOHC). 
Kerenggangan Katup
     Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan celah katup. Jika celah katup lebih kecil dari standar berarti katup cepat membuka dan lebih lama menutup, pembukaan yang lebih lama membuat gas lebih banyak masuk. Akibatnya bensin lebih boros dan akibat dari keterlambatan katup menutup adalah tekanan kompresi menjadi bocor karena pada saat terjadi langkah kompresi (saat piston bergerak dari bawah keatas), katup belum menutup padahal seharusnya pada saat itu katup harus menutup rapat hal ini mengakibatkan tenaga mesin berkurang. Mesin tidak bisa stasioner, dan sulit dihidupkan, selain itu akibat celah katup terlalu sempit dapat terjadi ledakan pada karburator.
       Selanjutnya apabila celah katup lebih besar dari standar berarti katup terlambat membuka dan cepat menutup. Apabila hal ini terjadi pada katup masuk maka pemasukan campuran bahan bakar udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit. Tekanan kompresi menjadi rendah karena jumlah campuran bensin dan udara yang dikompresikan sedikit. Jika tekanan kompresi rendah maka akan berakibat tenaga motor menjadi berkurang. Akibat selanjutnya adalah mesin sulit dihidupkan. Setelah hidup maka suara mesinpun berisik sekali. Karena pemasukan gasnya kurang, mesin akan tersendat- sendat pada putaran tinggi. Sementara itu mesin tidak dapat berputar stasioner. Itulah sebabnya celah katup harus disetel dengan tepat. 
Biasanya besar kerenggangan celah katup masuk dan katup buang sekitar 0,04 – 0,07 mm. 
Pemeriksaan, penyetelan dan perawatan katup: 
a. Penyetelan celah katup sepeda motor satu silinder 
  1. Kunci kontak OFF. Posisi piston pada top kompresi. Untuk memastikan bahwa posisi piston pada top kompresi, perhatikan bahwa pada saat ini tanda T pada rotor magnet tepat dengan tanda garis pada bodi sepeda motor, celah platina membuka dan kedua katup menutup. 
  2. Jika posisi piston belum tepat pada posisi top kompresi putar poros engkol dengan kunci. Agar memutarnya ringan maka lepas busi dari dudukannya. 
  3. Setel celah katup dengan feeler sesuai dengan ketentuan. Untuk menyetel celah katup, kendorkan mur dan masukkan feeler dengan ketebalan yang sesuai spesifikasi. Setelah itu putar baut penyetel dan keraskan mur pengunci sedemikian rupa sehingga feeler hanya dapat ditarik dengan sedikit tahanan (agak berat). Setelah dikeraskan mur penguncinya, masukkan sekali lagi foler tersebut sebagai pengecekan apakah penyetelannya sudah tepat.
  4. Setelah kedua katup disetel, pasang kembali bagian yang dilepas dan hidupkan motor untuk pengontrolan. Jika ternyata celah katup terlalu longgar maka akan timbul suara berisik dari arah kepala silinder. Jika celah katup terlalu sempit biasanya motor agak sulit dihidupkan.
b. Penyetelan celah katup sepeda motor dua silinder 
  1. Kunci kontak OFF. Posisi piston silinder pertama pada top kompresi. Untuk memastikan bahwa posisi piston silinder pertama pada top kompresi, perhatikan bahwa pada saat ini tanda T pada rotor magnet tepat segaris dengan tanda garis pada bodi motor, celah platina membuka dan kedua katup silinder pertama menutup. 
  2. Jika posisi piston belum pada top kompresi, putar poros engkol dengan kunci. Agar memutarnya ringan, lepas terlebih dahulu busi dari dudukannya. 
  3. Setel kedua katup silinder pertama seperti cara menyetel katup pada sepeda motor satu silinder. Katup silinder yang satunya dapat disetel setelah poros engkol diputar satu kali putaran penuh dari kedudukannya. 
HAL yang perlu di PERHATIKAN:
  1. Jika baut penyetel diputar ke kanan searah putaran jarum jam maka celah katup menjadi sempit. Jika baut penyetel diputar ke kiri, berlawanan dengan arah putar jarun jam, celah katup menjadi longgar. 
  2. Pada saat mengeraskan mur pengunci baut penyetel harus ditahan agar celah katup tidak berubah. 
  3. Feeler yang sudah aus sekali atau bengkok sebaiknya tidak digunakan untuk menyetel celah katup.
  4. Jangan mengeraskan mur pengunci terlalu keras karena akan menyulitkan untuk mengendorkannya kembali. 5. Untuk memudahkan penyetelan katup, lepas bagian-bagian yang menggangu, seperti tangki bensin untuk jenis sepeda motor tertentu.
Chamshaft (Nokn As)
     Camshaft adalah sebuah alat yang digunakan dalam mesin untuk menjalankan poppet valve. Dia terdiri dari batangan silinder. Cam membuka katup dengan menekannya, atau dengan mekanisme bantuan lainnya, ketika mereka berputar. 
     Hubungan antara perputaran camshaft dengan perputaran poros engkol sangat penting. Karena katup mengontrol aliran masukan bahan bakar dan pengeluarannya, mereka harus dibuka dan ditutup pada saat yang tepat selama langkah piston. Untuk alasan ini, camshaft dihubungkan dengan crankshaft secara langsung (melalui mekanisme gear) atau secara tidak langsung melalui rantai yang disebut ”rantai waktu”. 
         Dalam  mesin dua langkah yang menggunakan sebuah camshaft, setiap valve membuka sekali untuk setiap rotasi crankshaft dalam mesin ini, camshaft berputar pada kecepatan yang sama dengan crankshaft.
          Dalam mesin empat langkah katup-katup akan membuka setengah lebih sedikit, oleh karena itu dua putaran penuh crankshaft terjadi di setiap putaran camshaft. 
        Gesekan luncur antara bagian muka cam dengan follower tergantung kepada besarnya gesekan. Untuk mengurangi aus ini, cam dan follower mempunyai permukaan yang keras, dan minyak pelumas modern mengandung bahan yang secara khusus mengurangi gesekan luncur. Lobe (daun telinga) dari camshaft biasanya meruncing, mengakibatkan follower atau pengangkat katup berputar sedikit dalam setiap tekanan, dan membuat aus komponen. Biasanya bagian muka dari cam dan follower dirancang untuk aus bersamaan, jadi ketika salah satu telah aus maka keduanya harus diganti untuk mencegah aus yang berlebihan.

Rantai Cam Dan Peregangannya 
      Katup masuk dan katup buang pada sepeda motor membuka dan menutup sesuai dengan proses yang terjadi pada ruang bakar. Proses yang terjadi pada ruang bakar motor ditentukan oleh langkah piston di mana langkah piston tersebut ditentukan oleh putaran poros engkol. Sebaliknya putaran poros engkol dipengaruhi pula oleh proses yang terjadi dalam ruang bakar. Dengan demikian ada hubungan timbal-balik antara putaran poros engkol dan proses yang terjadi dalam ruang bakar 
       Agar pembukaan katup-katup sesuai dengan proses yang terjadi dalam ruang bakar maka mekanisme pembukaan dan penutupan katup– katup tersebut digerakkan oleh putaran poros engkol. Ada tiga macam mekanisme penggerak katup, yaitu dengan batang pendorong, roda gigi, dan rantai (rantai camshaft). 
       Rantai camshaft sepeda motor harus dipasang dengan tegangan yang cukup. Rantai camshaft yang terlalu tegang akan menimbulkan bunyi mendesing terutama pada putaran tinggi sedangkan rantai camshaft yang terlalu kendor akan menimbulkan suara berisik. Untuk menyetelnya harus diperhatikan terlebih dahulu mekanisme penyetelannya. Cara penyetelan rantai camshaft untuk setiap sepeda motor tidak sama.

Jika kekencangan rantai berubah-ubah, akan berpengaruh pada putaran mesin, valve timing atau saat pengapian akan berubah-ubah pula. 
Untuk menghasilkan setelan rantai yang standar, ada 3 tipe penyetelan rantai:
  • Tipe penyetelan manual  Tipe ini memerlukan penyetelan kekencangan secara berkala. Cara penyetelan dengan menekan batang penekan 
  • Tipe penyetelan otomatis  Jika rantai mengalami kekendoran, maka secara otomatis batang penekan akan menekan chain guide (karet), karena adanya per penekan. Karet akan melengkung, dan akan menekan rantai sehingga rantai mengalami ketegangan. Selanjutnya batang penekan yang berbentuk rachet bergerak searah dan tidak dapat kembali 
  • Tipe semi otomatis  Ketegangan rantai secara otomatis menyetel sendiri, jika baut pengunci dilepas, sehingga batang penekan akan masuk kedalam karena tekanan per 




















Perawatan dan Perbaikan Mesin
Motor diesel penggerak utama (main diesel), 4.000 KW,  140 rpm, jumlah silinder 6 (enam) diameter 320mm, dilakukan perawatan dan perbaikan (overhaul) untuk penggantian pegas torak ( piston ring).
Gambarkan (sket) dan jelaskan bagian-bagian torak (piston) yang harus dilakukan pengukuran ?
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg69CwR874x2w6fKhRPhrFK_Pz7enog1PEAHS74AouruBauT51fbcsDoeBQ20WB_dsZc2CaGTOKNEdA9q7AO48c92qb1q6vIDPu_Sg70K1otPyF3af7fNeORa7THrvfmcmsiFQvxAL11cE/s1600/Sket+Pengukuran+Piston.png
  • Pengukuran diameter torak (piston) antara posisi depan-belakang  atau a-a’ pada posisi dari atas sampai kebawah minimal 5 posisi, diperbandingkan dengan diameter torak standar, berapaberkurangnya (minus) atau keausan torak tersebut.
  • Pengukuran diameter torak (piston) antara posisi kiri–kanan atau b-b’ pada posisi dari atas kebawah minimal 5 posisi, diperbandingkan dengan diameter torak standar, berapa berkurangnya (minus) atau keausan torak tersebut.
  • Pengukuran ini dimaksud untuk mengetahui seberapa jauh diameter torak (badan torak) yang sudah mengalami keausan akibat gesekan dengan dinding silinder (cylinder liner) dan juga adanya kemungkinan keausan badan torak yang tidak merata.
  • Pada posisi pengukuran  a-a’ atau “port – starboard side” ini akan lebih jelas menunjukan “Ovalitet” badan torak, apabila terjadi Ring Torak yang sudah menipis, karena gerakan tendangan badan torak yang menerima tenaga pembakaran akan bergerak kearah kanan (starboard) dan langsung bersentuhan dengan dinding silinder, akibatnya badan torak dan dinding silinder keduanya akan mengalami keausan.
Gambarkan (sket) bagian-bagian dan jelaskan pelapis silinder (cylinder liner) yang harus dilakukan pengukuran ?
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA1U6U0ji19cY9EOFfAdlQGg8jFhsE1a5hKX6Udha2vlBrkrXIT5ePFxROqkIDPwQQ_gSaiBSeVxjAfRPwDwT6hJ6MqwzeHg-gcGUwinRsK5IV0OUZ_bwy8jCsS184gc2a-AeMuXUiAqU/s1600/Sket+Pengukuran+Cylinder+Liner.png
  • Pengukuran diameter bagian dalam silinder (Cilinder Liner) antara posisi depan-belakang (Fore-after) pada posisi dari atas sampai kebawah (minimal 5 posisi), kemudian diperbandingkan dengan diameter standar.
  • Pengukuran diameter bagian dalam silinder (Cilinder Liner) antara kiri-kanan (port-starboard) pada posisi dari atas sampai kebawah (minimal 5 posisi), diperbandingkan diameter standar.
  • Pengukuran liner bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh diameter dinding silinder (cylinder liner) yang sudah mengalami keausan akibat gesekan dengan torak (badan torak) dan juga adanya kemungkinan keausan dinding silinder yang tidak merata.
  • Pastikan bahwa dinding silinder dalam keadaan masih standar dan tidak ada yang termakan, tergores, aus atau membentuk OVAL yang dapat mengakibatkan lolosnya udara kompresi.
  • Bila terdapat goresan / alur memanjang dari atas ke bawah, maka lebih baik segera dilakukan penggantian silinder baru. 
  • Pastikan semua lubang-lubang Cylinder Oil Apart, dapat mengeluarkan minyak pelumas dengan baik.
Motor bantu diesel pembangkit listrik (genset) 650 KVA, 440 Volt, 720rpm, pada saat dilakukan perawatan penggantian baru minyak pelumaas ruang engkol (crank case), jelaskan!
Bagian-bagian apa saja yang harus diperiksa didalam ruang engkol ?
  • Pemeriksaan kondisi pelumas seperti kekentalan maupun warna dari minyak pelumas tersebut.
  • Pemeriksaan kebocoran air pendingin pada dinding-dinding cylinder liner bagian dalam dan bagian luar.
  • Pemeriksaan secara visual pada poros engkol maupun pada bantalan-bantalan poros engkol.
  • Pemeriksaan visual pada crank shaft dan connecting road
  • Pemeriksaan kekuatan/kekencangan baut dan mur pengikat poros engkol.
Akibat-akibatnya apabila terlambat penggantian minyak pelumas motor bantu (diesel) pembangkit listrik yang sudah melebihi jam kerja?
  • Kurangnya frekwensi penggantian oli dapat mengurangi penurunan kinerja mesin.
  • Semakin lama minyak yang tersisa didalam mesin, maka semakin besar kemungkinan terkontaminasi dengan unsur-unsur lain seperti kotoran.
  • Beban gesek yang diterima akan lebih besar, hal ini akan menyebabkan keausan pada komponen yang saling bergesakan.
  • Mesin akan mengalami panas yang berlebih sebab Oli juga dapat berfungsi sebagi penyerap panas pada mesin.
  • Bila hal tersebut terus dibiarkan maka akan berhentinya fungsi dari mesin tersebut ( turun mesin ) 
Dalam perawatan dan perbaikan kompressor udara (air compressor) bertekanan tinggi 30 bar ( high pressure) dan tekanan rendah 8 bar (low pressure), jelaskan :
Bagian-bagian apa saja yang terpenting yang harus diperiksa pada unit kompressor udara tersebut !
  • Pemeriksaan atau kaliberasi LP dan HP manometer air compressor.
  • Pemeriksaan Section dan Delivery Valve Air Compressor
  • Pemeriksaan pada Electro Motor
  • Air Bottle ( tabung udara tekanan tinggi )
  • Pemeriksaan pada monitoring device
Bagaimana perawatan katup udara tekan tekanan tinggi (high pressure delivery valve) !
  • Lakukan pemeriksaan safety valve, regulator/reducer valve, inlet /outlet valve secara periodic.
  • Lakukan pemeriksaan permukaan katup, perubahan bentuk dan warna katup yang disebabkan oleh panas.
  • Lakukan pergetian pegas katup secra periodic untuk mengurangi kemungkinan patah, aus dan korosi.
  • Ratakan permukaan dudukan valve terhadap dudukan katup ( sitting valve ).
  • Perawatan penggantian minyak lumas secara berkala.
  • Lakukan cerat udara sebelum dan sesudah menjalankan kompresor.
Mengapa secara teratur harus diambil diagram indikator dari sebuah motor induk ?
Maksud diambilnya diagram indicator agar kita dapat mengetahui karakteristik dari tiap-tiap slinder tentang besarnya tekanan kompresi awal/akhir, tekanan rata-rata dan jemlah tenaga didalam slinder.

Buatlah sebaik mungkin bentuk dari sebuah diagram indikator ( diagram P-V ) dari motor 2 tak yang dilengkapi dengan katup buang ( Exhaust valve) dan juga sebuah diagram indikator dari sebuah motor induk 4 tak. Apakah ada perbedaan dalam kedua diagram tersebut ?
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyLSuFuizX2LMPni4xM_0LXoUoN3uVmgVDhus9AspX8HQFpQmM6jYTEaz0le1RBWbKb_lDTsI-Qx4ak-zChyzstxxQAHx3u1wU6NFY2YYIEvnso5_XBTUGpVVljfFasUnJWFpmce4hL4k/s1600/Diagram+P-V.png
Jelaskan dasar-dasar seorang masinis dalam melaksanakan program perawatan mesin !
Dasar-dasar seorang masinis dalam melaksanakan program perawatan mesin :
  • Memiliki Teori-teori
  • Kumpulan masalah
  • Perencanaan
  • Memiliki Data
  • Persadian Fasilitas dan Peralatan
Bagaimana upaya-upaya membuat mesin meningkatkan daya tanpa perubahan ukuran-ukuran utama mesin (seperti diameter silnder, langkah torak, putaran dan jumlah silinder) ?
Upaya-upaya meningkatkan daya mesin :
  • Membersihakan atau mengganti filter udara secara berkala
  • Melakukan pengaturan ulang valve intake dan valve exhaust,
  • Pemasangan unit Turbo Charger
  • Memperbesar Jumlah rasio perbandingan bahan bakar.
  • Melakukan penyetelan timing pengabutan bahan bakar
  • Menaikkan Kualitas Udara dan Bahan Bakar
  • Menurunkan suhu udara yang masuk ke intake manifold.
  • Memakai bahan bakar berkualitas baik. 
Jelaskan pengaruh alat pengabut yang tidak baik terhadap kinerja mesin induk !
Pengaruh alat pengabut yang kurang baik :
  • Tenaga mesin kurang/kinerja mesin terasa lamban.
  • Mesin over heating karena injector memberikan perbandingan campuran kurus.
  • Mesin akan pincang karena slinder yang bersangkutan tidak menerima pasokan bahan bakar.
  • Gas buang menjadi terlalu tebal/panas karena pembakaran pada ruang bakar tidak sempurana.
  • Menyebabkan kerusakan yang berakibat fatal
Jelaskan pengaruh kualitas bahan bakar terhadap kinerja mesin induk !
Pengaruh kwalitas bahan bakar :
  • Emisi gas buang yang buruk
  • Perfmorma atau tenaga mesin menjadi berkurang.
  • Terjadinya endapan kerak zat carbon/sulfur sisa dari pembakaran bahan bakar pada injector.
  • Menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak.
  • Menyebabkan komponen-komponen mesin tidak bekerja secra efektif.
Jelaskan kemungkinan-kemungkinan penyebab gas buang mesin induk terlalu tebal !
  • Saringan udara yang kotor menyebabkan udara yang masuk keldalam slinder tidak sebanding dengan bahan bakar yang dikabutkan.
  • Buruknya kwalitas minyak bahan bakar yang digunakan.
  • Kurang baiknya penyemprotan pada injection pump, sehingga bahan bakar menetes melalui ujung nozzle.
  • Kurangnya tekanan pada ruang pembakaran yang disebabkan oleh rusaknya turbo charge.
  • Volume penyemrotan bahan bakar tidak sesuai dengan ratio pembakaran.
  • Saat penyemrotan ( timing ) bahan bakar yang kurang tepat.
Motor bantu diesel pembangkit listrik, 600 KVA, 440 volt, 720 rpm, 6 (enam) silinder, akan dilakukan perawatan dan perbaikan berkala " major overhaul", jelaskan :
Berapa perkiraan jam kerja (runnning hours) pada saat dilakukan perbaikan major overhaul tersebut!
  • Major Overhaul adalah salah satu tindakan atau bagian penting dari suatu sistem perawatan dan perbaikan yang dilakukan pada semua Motor Diesel untuk semua type dan jenis dari pabrik manapun.
  • Perkiraan kerja untuk pekerjaan Top Overhaul antara 2000 – 4000 Jam.
Tuliskan bagian-bagian apa saja yang dilakukan pemeriksaan dan perbaikan secara terinci!
Bagian-bagian pemeriksaan :
  • Pelapis Silinder (Cylinder Liner)
  • Torak & Ring Torak (Piston & Piston Ring).
  • Kepala Silender (Cross Head).
  • Batang Torak (Connecting Road)
  • Metal Jalan dan Metal Duduk (Crank Pin Bearing & Main Bearing )
  • Poros Engkol (Crank Shaft Journal)
  • Poros Penerus & Metal (Intermediate Shaft & Bearing)
  • Sistem Pengaman (Safety Device System)
  • Pompa Bahan Bakar ( Fuel Injection Pump )
  • Turbin Gas ( Turbo Charger )
  • Sistem Udara Pengontrol (Pneumatic System Control)
  • Alat-alat Monitoring dan Sistim Pengaman ( Monitoring Device & Safety Device )
  • Sistim Pendingin ( LO Cooler, Fresh Water Cooler, Lubrication Oil Cooler & Air Scavenging Cooler)
Dalam melakukan perawatan dan perbaikan pompa-pompa jenis sentrifugal tegak 1(satu) tingkat (first stage vertical centrifugal pump) untuk pompa air laut dinas umum ( general service pump), kapasitas 200m3/jam, jelaskan !
Persiapan apa saja yang terpenting sebelum melakukan perbaikan pompa air laut tersebut ?
Persiapan perbaikan pompa centrifugal :
  • Menutup salah satu sea water suction valve ( low / high )
  • Membersihkan suction sea water filter
  • Memeriksa tekanan pompa pada Pressure gauge
  • Memeriksa kebocoran rumah pompa yang disebabkan oleh karat.
  • Memeriksa kelancaran putaran poros pompa
Bagian-bagian apa saja yang harus diperiksa dan material apa saja yang sering dilakukan penggantian baru?
Pemeriksaan Elektromotor :
  • Pemeriksaan sistim kerlistrikan utama pada pompa.
  • Pemeriksaan Fan, Bearing dan Greasing.
  • Pemeriksaan stator dengan Megger Test, bersihkan dengen electric cleaner, dan di oven.
  • Melakukan pelapisan pada isolator dengan sarlac untuk mencegah grounded
Pemeriksaan Pompa :
  • Pemeriksaan Gland Packing ( ganti baru, sesuaikan dengan Running Hours )
  • Pemeriksaan Coupling Bolt & Nut ( ganti baru dan jangan dibiarkan bocor )
  • Pemeriksaan pada Impeller - Shaft - Shaft Sleeve - Neck Bush - Neck ring - Casing Ring - Submerged Bearing.
  • Penyetelan kelurusan antara pompa dan Electromotor harus benar.
Pada ketel uap jenis pipa air ( water tubes steam boiler ) type "D" yang umum dipergunakan pada kapal-kapal besar,ukuran diatas 5.000 DWT.
Gambarkan secara sederhana (sket) ketel uap type "D" tersebut ?

Sebutkan nama katup-katup yang menempel di badan keteluap ?
Katup-katup yang terdapat pada ketel uap :
  • Katup Uap Utama (main steam valve).
  • Katup Uap Tekanan Lanjut (super heater steam valve ).
  • Katup Keamanan ada 2 set (safety valves ).
  • Katup Cerat Udara (air cock/ air drain valve ).
  • Katup Kontrol Tekanan Uap ( pressure steam valve ).
  • Katup Pengisian Air Ketel ( feed water inlet valve ).
  • Katup Tekan Sirkulasi Air Ketel (hot water circulating discharge valve).
  • Katup Isap Sirkulasi Air Ketel ( hot water circulation suction valve ).
  • Katup buangan kotoran permukaan air ketel ( surface blow down valve ).
  • Katup buangan kotoran dasar air ketel ( bottom blow down valve )
Sebuah pompa pendingin motor induk tekanan turun terus, jelaskan apa penyebab dan cara memperbaikinya.
Penyebab tekanan pompa menurun dan cara memperbaikinya :
  • Kurangnya isapan dan tekanan pompa air laut.
  • DIsebabkan oleh kotoran sampah dan kerang-kerang kecil sehingga terjadi penyumbatan pada impeller.
  • Tindakannya berisihkan bagian sistem pemipaan pada pompa sea water filter dan impeller.
  • Menurunnya kinerja impeller pada pompa.
  • Terkikisnya impeller oleh kotor sehingga putaran menjadi tidak normal.
  • Buka bagian-bagian  pompa dan ganti pada bagian impeller
  • Kebocoran pada bagian gland packing.
  • Disebabkan oleh kebocoran pada glen packing.
  • Buka dan ganti pada bagian glen packing
Jelaskan dasar-dasar seorang masinis dalam melaksanakan program perawatan mesin !
  • Memiliki Teori-teori
  • Kumpulan masalah
  • Perencanaan
  • Memiliki Data
  • Persadian Fasilitas dan Peralatan
Apa yang dimaksud dengan perawatan ?
Perawatan atau Pemeliharaan adalah suatu kegiatan yang perlu dilaksanakan terhadap seluruh obyek baik non-teknis meliputi manajemen dan sumber daya manusia agar dapat berfungsi dengan baik teknis meliputi suatu material atau benda yang bergerak ataupun benda yang tidak bergerak, sehingga material tersebut dapat dipakai dan berfungsi dengan baik serta selalu memenuhi persyaratan internasional.

Sebutkan tanggung jawab :

Manager Armada
  • Memelihara kapal agar tetap layak laut ABK lengkap dan diperlengkapi sertifikat
  • Siap berlayar dan menerima muatan Membuat strategi perawatan dan merencanakan anggaran belanja untuk perawatan kapal.
Nakhoda
  • Manajemen Oprasional
  • Keselamatan Kapal
  • Muatan, peralatan dan semua ABK di atas kapal.
KKM
  • Nakhoda
  • Perusahaan pemilik kapal
  • Maker ( pabrik pembuatan mesin )
  • Klasifikasi dan hukum pemerintah 
Jelaskan apa yang dimaksud :
Perawatan Normal 
  • Perawatan Periodik/Normal (Period Maintenance) Perawatan periodik adalah bagian pelaksanaan pekerjaan perawatan pencegahan yang dilakukan secara periodik berdasarkan waktu kalender atau jam kerja dengan mengacu kepada Manual Instruction Book.
Perawatan tidak normal
  • Perawatan Insidentil/tidak Normal (Breakdown Repair) Insidentil artinya kita membiarkan mesin terus menerus sampai rusak (Down Time), baru kemudian dilaksanakan perawatan dan perbaikan (Break down repair).
Perawatan pencegahan
Perawatan pencegahan adalah bagian dari pelaksanaan pekerjaan perawatan berencana yang bertujuan :
  • Memantau perkembangan yang terjadi pada hasil pekerjaan perawatan secara terus-menerus sampai batas nilai-nilai yang diijinkan.
  • Menemukan kerusakan dalam tahap yang lebih dini, sehingga masih ada kesempatan untuk merencanakan pelaksanaan waktu perawatan.
  • Mencegah terjadinya kerusakan atau bertambahnya kerusakan, yang dapat mengakibatkan terhentinya operasi kapal.
  • Suatu tugas yang perlu dilakukan agar kita dapat menelusuri jalannya kerusakan terhadap nilai keselamatan dan nilai ekonomis kapal.
Perawatan perbaikan.
Perawatan dan perbaikan adalah bagian dari pelaksanaan pekerjaan perawatan berencana yang bertujuan :
  • Memperbaiki setiap kerusakan yang terpantau, walaupun belum waktunya dilaksanakan perbaikan.
  • Mencegah terjadinya kerusakan atau bertambahnya kerusakan yang lebih besar.
  • Suatu tugas yang perlu dilakukan agar kita dapat mempertahankan kondisi pesawat / mesin terhadap nilai keselamatan dan nilai ekonomis kapal.
Saudara mengenal perawatan yang terencana diatas kapal. Apa hubungan denan ISM Code. Jelaskan pendapat Saudara !
Sistem Perawatan Berencana adalah salah satu sarana untuk menuju kepada perawatan  
kapal yang lebih baik dan secara garis besar tujuannya adalah :
  • Mengoptimalkan daya dan hasil guna material sesuai fungsi dan manfaatnya (efficiency material).
  • Mencegah terjadinya kerusakan berat secara mendadak (breakdown), serta mencegah   menurunnya efisiensi.
  • Mengurangi kerusakan yang mendadak  atau pengangguran waktu berarti menambah hari hari efektif  kerja kapal (commission days).
  • Mengurangi jumlah perbaikan dan waktu perbaikan pada waktu kapal melaksanakan perbaikan Dok tahunan (economical cost).
  • Menambah pengetahuan awak kapal dan mendidik untuk memiliki rasa tanggung jawab serta disiplin kerja (sence of belong).
Saudara mengenal perawatan predisi diatas kapal. Jelaskan hal itu !
  • Perawatan prediksi adalah kegiatan pemantauan alat produksi dengan sensor mikroprosesor yang dapat mendeteksi gejala kerusakan secara dini.
Jelaskan akibat-akibat apabila terlambat melaksanaakan perawatan penggantian minyak pelumas didalam ruang engkol ( Creng Case ) mesin bantu generator !
  • Kurangnya frekwensi penggantian oli dapat mengurangi penurunan kinerja mesin.
  • Semakin lama minyak yang tersisa didalam mesin, maka semakin besar kemungkinan terkontaminasi dengan unsur-unsur lain seperti kotoran.
  • Beban gesek yang diterima akan lebih besar, hal ini akan menyebabkan keausan pada komponen yang saling bergesakan.
  • Mesin akan mengalami panas yang berlebih sebab Oli juga dapat berfungsi sebagi penyerap panas pada mesin tersebut
  • Bila hal tersebut terus dibiarkan maka akan berhentinya fungsi dari mesin tersebut ( turun mesin ) 
Jelaskan apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan pada saat mempersiapakan Pararel 2 buah diesel generator, baik pada engine dan pada panel listrik ( Main Switchboard ) !
Persiapan Engine :
  • Pastikan kedua mesin bantu generator sudah dalam keadaan normal, khususnya generator yang akan menggantikannya.
  • Pastikan governor, pengatur putaran mesin dalam keadaan normal.
  • Pastika semua safety device, Manometer, Thermometer dan Indicator lainnya bekerja normal.
  • Pastikan mesin bantu generator tersebut sudah siap menerima beban penuh dengan RPM normal untuk menggantikan yang akan di stop.
Persiapan pada Panel Listrik
  • Pastikan semua indikator di panel bekerja baik dan sudah dikalibrasi.
  • Pastikan safety Main Switch Board untuk kedua generator bekerja baik, yaitu :
  • Under Voltage Shut Off - Under Current Shut Off - Over Current Shut Off - Over Load Shut Off - Adjuster Governor - No Syncronizer Paralel - Motorization Breaker.
  • Sesuaikan kedua generator pada posisi RPM / Frequensi yang sama yaitu 50Hz / 60Hz
  • Perhatikan Keseimbangan frequency frequency Meter dengan frequency counter, frequency Lamp dan 
  • frequency round arrow.
  • Pengaturan frequency dilakukan dengan menggunakan pengatur RPM (adjuster governor), sesuaikan kedua frequency generator dengan baik.
Gambarkan diagram bahan bakar minyak secara sederhana dari motor penggerak utama, mulai dari manifold bunker sampai pengabutan didalam silinder mesin dan peralatan apa saja yang dilalui oleh bahan bakar tersebut !
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiemY3YxLPGvFuODQ4B6dFjQsKFb-8bABJKNJxnTXpMb1o9Wc4iMB-nuXdskjDYSRoHULshzFynaBiDIFiqnz80MpJBoQuzsGWmdGNueaGBbaVMZXuhYkBfNfGfY72_v8jsG75in8NW3Qo/s1600/Sket+Fuel+System.png

Jelaskan penggunaan alat-alat ukur dibawah ini !

Inside Micrometer
  • Alat ukur dengan tingkat ketelitian 1/100 mm, alat ini untuk mengukur secara teliti bagian dalam dari suatu material / benda kerja. Seperti diameter dalam pada Cylinder Liner.
Outside Micrometer
  • Alat ukur dengan tingkat ketelitian 1/100 mm, alat ini untuk mengukur secara teliti bagian dalam dari suatu material / benda kerja. Seperti Diameter Luar Piston, Shaft, Pin, dan ketebalan Sim/Plat. 
Crenk Shaft Deflection Clock
  • Adalah sebuah alat ukur yang khusus untuk mengukur kelurusan Poros Engkol Mesin Diesel, dengan hasil pengukuran yang sangat teliti sampai 1/100 mm.
  • Alat ukur ini terdiri dari dudukan (magnet) dan Clock, yang dipasang diantara pipi-engkol per silinder untuk mendapatkan hasil keseluruhan Poros Engkol terhadap kedudukan Metal duduk.
Main Engine Diagram Indicator 
  • Adalah alat ukur khusus untuk mengukur besaran tenaga yang ada didalam ruang pembakaran didalam silinder Mesin diesel. alat ukur ini dipasang diujung Katup Indikator (pipa draad) dan diperlengkapi dengan ”kertas indikator” yang akan tergambar hasil pengukuran tersebut.
Jelaskan cara kerja penyetelan katup dan langkah-langkah kerjanya saat yang tepat untuk menyetel katup dan mengapa kelonggaran katup buang lebih besar dari pada kelonggaran katup masuk motor 4 tak.
  • Dengan menggunakan urutan pembakar ( Firing oder ) dari mesin yang bersangkutan. Katup pemasukan dan katup pembuangan disetel saat piston dikedudukan titik mati atas , yaitu pada akhir langkah kompresi. 
Prosedure penyetelan katup:
  • Putarlah roda flywheel sesuai dengan arah putaran mesin sampai piston pada silinder pertama dalam posisi di atas. Pada saat putaran mesin terasa berat, hal ini menunjukkan adanya kompresi di mana kedua katup menutup penuh. Roda flywheel diputar lagi sedikit sehingga garis tanda TDC atau FB pada roda flywheel berimpit dengan tanda garis tetap di body motor. Kedudukan ini menunjukkan top kompresi dan piston berkedudukan di titik mati atas.
  • Kendorkan mur pengikat. Stel baut penyetel dan sisipkan feeler gauges di antara celah katup, baik katup masuk maupun katup buang sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan oleh mesin yang bersangkutan.
  • Tahan baut penyetel dengan obeng min agar kedudukan penyetelan tidak berubah dan keraskan kembali mur pengikat.
  • Periksa kembali keregangan celah katup tersebut. Setelah penyetelan katup pada silinder pertama selesai maka putarlah roda penerus lebih kurang 180 derajat sudut engkol. Untuk mesin 4 silinder 720 derajat dibagi (banyaknya silinder). Kedua katup pada silinder nomor 3 tertutup, rocker arm / tuas pelatuk dalam keadaan bebas tekanan.  Kita setel celah katup silinder nomor tiga. Demikianlah penyetelan celah katup untuk silinder berikutnya sesuai dengan ( Firing Order) dari Mesin tersebut. 
Sebutkan cara perawatan pengabut (Fuel Injector) hingga dapat menghasilkan pengabutan bahan bakar yang baik dan apa penyebabnya bila pengabut tidak dapat menghasilkan pengabutan dengan baik !
  • Bersihkan sekeliling bagian-bagian injector dengan solar, lalu tiup dengan tekanan angin.
  • Gunakn majun untuk melapisi injector khusus pada ujung nosel.
  • Tutup lubang injektor dengan kain lap, agar debu atau kotoran tidak masuk ke dalam silinder.
  • Pasang injektor pada tester dengan baik.
  • Tes dengan alat Tekanan Penyemprotan.
  • Gerakkan tuas tester dalam langkah penuh dengan kuat dan cepat, baca tekanan pada manometer, catat hasilnya.
  • Sudut penyemprotan yang baik adalah : 4°
  • Lakukan pengetesan sampai manometer menunjukkan tekanan = 80 bar, pertahankan posisi tekanan ini selama ± 20 detik, lihat dan amati kebocoran pada ujung nosel.
  • Bersihkan lubang-lubanag pengeabut injector
Jelaskan secara singkat jenis-jenisbahan kimia yg dipergunakan untuk menunjang perawatan dan perbaikan mesin yaitu ?
  • Rust remover bahan kimia cair untuk menghilangkan karat.
  • Electric cleaner bahan kimia cair untuk membersihkan semua peralatan listrik dan electro motor.
  • Fuel oil treatment bahan campuran untuk bahan bakar berat MFO.
  • Carbon remover bahan kimia cair untuk membersihkan, menghancurkan kerak-kerak arang(carbon) hasil pembakaran yg tidak sempurna pada piston dan dinding slinder.
  • Air cooler cleaner bahan kimia cair untuk membersihkan udara pada alat pendingin udara.
  • Oil spill dispersant bahan kimia untuk menghancurkan/menetralisir tumpahan minyak yang mungkin terjadi pencemaran dilaut.
  • Diesel engine water treatment non chromateBahan campuran untuk perawatan air pendingin mesin utama, untuk membersihkan kotoran dan melindungi korosif dalam system pendingin tertutup.
  • Chemical water treatment for boiler Bahan-bahan kimia untuk pengetesan air ketel uap.
  • Soot release stick bahan kimia berbentuk serbuk dikemas dipergunakan untuk membersihkan jelaga-jelaga yang menempel pada dinding dapur dan pipa-pipa api/air ketel uap
Jelaskan langkah-langkah apa saja yg anda lakukan ketika akan melaksanakan overhaul mulai dari persiapan hingga pengetesan!
  • Mempersiapkan team work engine
  • Membuat perencanaan kerja
  • Menentukan waktu pelaksanaan
  • Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan suku cadang
  • Membuka dan memperhatikan urutan pembongkaran
  • Membersihkan bagian-bagian yang dibongkar
  • Melakukan pengukuran bagian-bagian yg penting
  • Melakukan pemasangan kembali bagian-bagian yang masih memadai dan mengganti bagian-bagian mesin yang sudah rusak.
  • Diadakan pengetesan kompresi, tekanan injector dan pengukuran gap klep masuk dan keluar
  • Setelah selesai, isi oli.
  • Buang udara dalam system aliran bahan bakar.
  • Pengisian system air pendingin mesin.
  • Test running
Pada kapal dengan penggerak utama motor diesel. Katup gas buang peranannya sangatlah penting agar kapal dapt berjalan dengan lancer. Jelaskan perawatan-perawtan yang dilakukan terhadap katup gas buang?
  • Pemeriksaan kerak karbon, keadaan muka katup dan perubahan warna
  • Periksa perubahan warna dan bentuk batang katup, keausan dan pelumasan
  • Periksa kelonggaran dan keausan pemegang katup
  • Periksa pegas katup terhadap kemungkinan patah, aus, korosi, kekuatannya
  • Ukur diameter batang katup
  • Lapping/skir katup pada dudukannya pada jam kerja yang telah ditentukan
  • Penggantian katup jika muka katup sudah rusak
  • Secara berkala adakan pengukuran dengan feeler gauge (valve clearance).
Kebocoran pada katup buang/katup masuk yang terdapat pada motor diesel 4 tak kemungkinan dapat terjadi. Bagaimana saudara dapat mengetahuinya dan langkah apa saja yg saudara lakukan untuk memperbaikinya?
  • Kebocoran katup menyebabkan hilangnya kompresi dalam silinder dan tenaga motor berkurang.
  • Dapat menyebabkan percikan api pada cerobong disebabkan bahan bakar dari slinder yg tidak terbakar melalui katup buang cerobong.
  • Bahan bakar boros akibat tenaga motor berkurang.
  • Perbaikannya:
  • Katup disetel kembali sesuai dengan clearancenya. Sebab bila celah katup rapat dapat menyebabkan bocornya katup.
  • Katup diskur bila terdapat kerusakan pada sisi klep/pendudukan klep.
  • Buka silindernya, siram kedua katup dengan solar/bensin yg meresap itu bocor lalu adakan penggantian.
Perawatan LO & FO Purifier
  • Perawatan pertama adalah melaksanakan standing operation procedure (SOP) Purifier dengan benar dan konsisten.
  • Mempelajari secara benar cara kerja atau fungsi dari semua bagian purifier tersebut.
  • Bersihkan saringan isap dan periksa kekedapan semua katup isap, agar tidak mengganggu pada waktu permulaan dijalankan.
  • Pembersihan kotoran minyak yang terdapat dibagian dalam Purifier secara berkala, setiap 4 jam sekali atau 8 jam sekali.
  • Pembersihan kotoran minyak  tersebut harus sesering mungkin dilakukan agar tidak terjadi ”Overload” yang akan mempercepat rusaknya Ball Bearing, Roda Gigi, Kampas Kopling dll.
Perawatan Oily water Separator.
  • Perawatan pertama adalah melaksanakan Standing Operation procedure (SOP) dengan benar dan konsisten.
  • Mempelajari secara benar cara kerja atau fungsi dari OWS tersebut.
  • Pembersihan kotoran minyak yang terdapat dibagian dalam 2 (dua) tabung Separator secara berkala.
  • saringan – saringannya selalu diganti baru.
  • Perawatan OCM dan Solenoid Valve, yaitu dengan melakukan SOP pembersihan (Flushing) pipa – saluran  contoh air-got yang dideteksi oleh OCM harus dilakukan sebelum dan sesudah OWS dijalankan, sehingga pipa saluran air got tersebut tetap dalam keadaan bersih.
  • Setiap menjalankan OWS harus selalu dicatat dalam buku merah dan diberi catatan, berapa kilo liter, berapa ppm, waktu dan kondisinya.
Peralatan-Peralatan :
Mesin Bor
  • Mesin Bor digunakan untuk membuat lubang–lubang pada benda kerja, sesuai ukuran permintaan. Membuat bentuk-bentuk tertentu, mengikuti permintaan berdasarkan ukuran mata – bor dan gerak putaran mesin Bor.
Mesin Gerinda
  • Mesin Gerinda digunakan meratakan benda kerja yang berbentuk lingkaran atau bulat.
  • Meratakan bekas pengelasan yang belum rata/menonjol. 
  • Membentuk / meruncingkan / membulatkan benda kerja yang tidak beraturan sesuai permintaan.
  • Bila dikombinasi dengan sikat baja / tembaga, dapat dipergunakan untuk membersihkan / menyikat benda kerja.
Mesin Las
  • Mesin Las digunakan menyambung 2 (dua) atau lebih benda kerja dengan pengelasan, seperti perbaikan / penggantian pipa-pipa baru. 
  • Mengisi/menambah ketebalan benda kerja
  • Memotong benda kerja dengan menaikkan Ampere lebih tinggi.
  • Menambal, menutup lubang-lubang benda kerja sesuai permintaan.
Mesin Skrap
  • Mesin Skrap digunakan untuk Meratakan benda kerja yang permukaannya datar/plat.
  • Membuat alur-alur pada permukaan yang datar.
  • Membentuk/meratakan benda kerja yang berbentuk tidak beraturan dan Memotong benda kerja yang Tebal-tebal.
Instalasi mesin pendingin dikapal sangatlah perlu penanganan atau perawatan yang rutin agar bahan makanan terjaga kualitasnya. Jelaskan perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap instalasi mesin pendingin ?
  • Ball bering dari motor kompresor harus dilumasi    
  • V-Belt diperiksa tegangannya
  • Evaporator didefros bila banyak bunga es      
  • Condenser harus sering dibersihkan
  • Bersihkan filter di solenoid valve
  • Mengganti silica gell di dryer bila tiba saatnya
  • Bila ada udara didalam system harus di cerat
  • Nipple-nipple dan kran-kran penutup diberi grease
  • Periksa minyak lumas dalam carter, bila kurang ditambahkan
  • Periksa instalasi listriknya
  • Pada waktu instalasi beroperasi, suhu dan tekanan harus diperhatikan
  • Saringan-saringan klep ekspansi & pengatur tekanan dijaga bersih
  • Menstart motor jangan selalu pada switch pengontrol
  • Saat menjalankan dan menghentikan mesin harus sesuai prosedur.






pemeliharaan klep motor

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4uUQ1jHsQkpX3kFUtzysXWjo9iQtpaGPLG5vvKOfv9EM1VCX3Ga5yncFg1WIZqUJX_Dz_dHdhedZQiamHvFBD1xz-nTIzs0C2iZImdnB6wIelpKRxtkzM54vWzFU6uQPWboQ0XZV8Zffm/s1600/Screenshot_51.png
mesin satria f 150

Klep dalam sebuah mesin berfungsi sebagai pengatur masuknya campuran bahan bakar dan keluarnya gas hasil pembakaran.Celah antara katup dengan dan pematuk perlu disesuaikan,agar pengaturan dari pembakaran menjadi baik dan sempurna.
Ada beberapa kasus yang saya dengar dari beberapa teman saya,banyak dari mereka yang mengeluhkan timbulnya suara gemericik atau tidak enak di dengar,kalian semua pasti pernah kan mendengar suara mesin motor kalian atau motor bokap.nyokap,atau mungkin pacarnya yang suara mesin nya seperti itu.
 lalu bagaimana cara menghilangkanya dan apa penyebabnya...????
Penyebab dari suara gemericik di mesin atau klep katub motor mengeluarkan suara yang bising,itu di sebabkan karena pemakaian kita yang tidak wajar,atau kurangnya perawatan,dan bisa jadi penggunaan bahan bakar yang tidak bersih itu juga bisa jadi penyebabnya..
Kalo dari saran pengalaman saya dan dari mekanik saya,penggunaan bahan bakar yang tidak tepat itu bisa menyebabkan kotornya  komponen - komponen mesin sepeda motor kita,maka saya di anjurkan untuk memakai bahan bakar jenis pertamax karena pertamax itu sendiri bisa membersihkan komponen - komponen mesin pada motor kita,khususnya untuk motor ber CC 150,sebaiknya gunakanlah bahan bakar pertamax,karena selain dapat membersihkan mesin,pertamax juga mampu menaikkan performa pada motor kita,dan bahan bakar pun menjadi lebih irit.
Dan untuk pemeliharaan klep motor itu sendiri sebaiknya datangilah bengkel - bengel kesayangan dan keprcayaan anda(ingat ya bengkel kepercayaan anda).
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinfTaXCZrvxtOB3dldDFXxkZ-2oNEPbIL-7XKizccSdRCeLwpXXWmt24-DqqBR_w1t7oaoWJycatAJ1EB6I2Bkc_hBitcbWVn4l_5U9LIzWcvtHaUwXBXtAdcfFpI7-pw9AbOErGw_sVO4/s1600/Screenshot_52.png
rumahan klep

Kenapa saya bilang harus ke bengkel kepercyaan anda,karena hanya mekanik anda sajalah yang mengerti keadaan dan kondisi motor anda.
Demikian ulasan tentang pemeliharaan klep motor,kalo ada salah - salah kata saya mohon maaf dan untuk informasi tentang gadget silahkan klik di gadget dan untuk informasi seputar keselamatan kerja silahkan klik di hk safety dan untuk seputar informasi loker silahkan klik di universal loker dan untuk informasi seputar karate klik di Danu wadokai

>

1 komentar:

Unknown on 24 April 2016 pukul 17.00 mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar

 

"Gold Generation" Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting