Sabtu, 26 Maret 2016

Diposting oleh Unknown di 07.57

Gold Generation " Resume 3 "


TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF

           A. Pengertian Komunikasi



 - Upaya untuk membuat pendapat, menyatakan perasaan, menyampaikan informasi dsb, agar diketahui atau dipahami oleh orang lain
 - “Proses penyampaian pesan dari Komunikator ke Komunikan melalui saluran/media dengan harapan mendapatkan umpan balik” 




     B. FungsiKomunikasi


Menurut Rudolf F. Verderber
Komunikasi mempunyai dua fungsi. Pertama, fungsi social, yakni untuk tujuan kesenangan, untuk menunjukan ikatan dengan orang lain, membangun dan memelihara hubungan. Kedua, fungsi pengambilan keputusan, yakni memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat tertent, seperti: apa yang akan kita makan pagi hari, apakah kita akan kuliah atau tidak, bagaimana belajar menghadapi tes.

Menurut Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson
Komunikasi mempunyai dua fungsi umum. Pertama, untuk kelangsungan hidup diri-sendiri yang meliputi: keselamatan fisik, meningkatkan kesadaran pribadi, menampilkan diri kita sendiri kepada orang lain dan mencapai ambisi pribadi. Kedua, untuk kelangsungan hidup masyarakat, tepatnya untuk memperbaiki hubungan sosial dan mengembangkan keberadaan suatu masyarakat.


      C. Ketrampilan Komunikasi




·      Mendengarkan merupakan kegiatan yang cukup sulit dilakukan karena kita identikannya lebih ingin didengarkan apa yang disampaikan oleh kita
·    Bertingkah laku asertif merupakan tingkah laku yang dilihatkan dari       perhatian kita terhadap orang lain
·         Menyelesaikan konflik , saat kita dihadap suatu masalah dan kita diharuskan untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut kita harus memiliki ketrampilan berbicara yang baik dan benar
·   Melakukan persuasive, pada saat kita memberikan himbauan kemudian himbauan tersebut berhasil di laksanakan oleh orang lain itu merupakan keberhasilan dalam keterampilan berkomunikasi yang baik.
    
       D. Komunikasi Efektif 


Ø  Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune” ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan
Ø Menurut Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Komunikasi menyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tidakan.

Ø  Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :

1.     Menciptakan suasana yang menguntungkan.
2.    Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
3.  Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
4. Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat       menguntungkannya.
5. Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihk komunikan.

Ø  Komunikasi efektiv terdiri dari 


a.    komunikasi verbal
Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik secara lisan maupun tulisan. 
Komunikasi verbal sangat penting dalam suatu perusahaan dan merupakan kunci sukses suatu perusahaan tersebut. Begitu pentingnya komunikasi verbal, sehingga tanpa komunikasi ini aktivitas tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Komunikasi verbal ini terdiri dari komunikasi satu arah  (one way communication) dan komunikasi dua arah ( two way communication).  Komunikasi satu arah adalah komunikasi yang berlangsung pada satu pihak saja, sedangkan komunikasi dua arah bersifat timbal balik dan melibatkan dua pihak.

Komunikasi verbal dapat pula berupa tatap muka, wawancara, konsultasi bersama dan pidato. Komunikasi tatap muka merupakan komunikasi yang paling umum yakni berupa perintah-perintah, instruksi, permintaan, penyampaian informasi dan sebagainya melalui pembicaraan antara dua orang atau lebih. Komunikasi tatap muka ini memiliki beberapa kelebihan, yakni komunikator dapat mengetahui apakah penerima pesan sudah mengerti akan pesan yang disampaikan. 


Ø  Dalam melakukan komunikasi verbal kita dapat menemui 2 makna antara lain
    Makna denotative
Menurut Spradley dalam Pilliang (1999:20), “Makna denotasi
meliputi hal-hal yang ditunjuk oleh kata-kata (makna
referensial)”.
Pilliang (1998:14) mengartikan makna denotasi adalah
hubungan eksplisit antara tanda dengan refernsi atau realitas dalam pertandaan tahap denotasi. Misalnya ada gambar manusia, binatang, pohon, rumah. Warnanya juga dicatat seperti merah, kuning, biru, putih, dan sebagainya.
Contoh:
1.      Adik makan nasi.
(Makan artinya memasukkan sesuatu kedalam mulut).
2.      Saya sedang membaca artikel sambil meminum kopi.
(membaca artikel maksudnya ialah membaca suatu artikel).

    Makna konotatif
Menurut Pilliang (1998:17), “Makna konotatif meliputi aspek
makna yang berkaitan dengan perasaan dan emosi serta nilai-nilai kebudayaan dan ideologi”.
Contoh:
Gambar wajah orang tersenyum dapat diartikan sebagai suatu keramahan dan kebahagiaan. Tetapi sebaliknya, tersenyum bisa juga diartikan sebagai ekspresi penghinaan terhadap seseorang.

Ø  Aspek Kamunikasi Verbal
1.     Vocabulary  ( perbendaharaan kata )
2.    Racing (kecepatan). 
3.    Intonasi suara:
4.    Humor:
5.    Singkat dan jelas.
6.    Timing (waktu yang tepat)

b.    komunikasi  non verbal
Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang pesannya dikemas dalam bentuk nonverbal, tanpa kata-kata. Dalam hidup nyata komunikasi nonverbal jauh lebih banyak dipakai daripada komuniasi verbal. Dalam berkomunikasi hampir secara otomatis komunikasi nonverbal ikut terpakai. Karena itu, komunikasi nonverbal bersifat tetap dan selalu ada. Komunikasi nonverbal lebih jujur mengungkapkan hal yang mau diungkapkan karena spontan.


Oleh sebab itu, Mark knapp (1978) menyebut bahwa penggunaan kode nonverbal dalam berkomunikasi memiliki fungsi untuk:
a.     Meyakinkan apa yang diucapkannya (repetition)
b.    Menunjukkan perasaan dan emosi yang tidak bisa diutarakan dengan                  kata-kata (substitution)
c.     Menunjukkan jati diri sehingga orang lain bisa mengenalnya (identity)
d.     Menambah atau melengkapi ucapan-ucapan yang dirasakan belum sempurna.

Ø  Unsur komunikasi Non Verbal

·         Ekspresi wajah  
·         Kontak mata
·         Sentuhan  dan bau-bauan
·         Postur tubuh dan gaya berjalan
·         Sound (Suara)
·         Gerak isyarat

    E. Faktor- faktor yang mempengaruhi kelancaran/hambatan dalam komunikasi

·         Pengetahuan         

·         Pengalaman

·         Intelegensi

·         Kepribadian

·         Budaya

·         Biologis terdiri:

o   kelainan mulut,

o   gagap, cadel

   F.  Teknik berkomunikasi yang efektif

  • =memahami dasar-dasar kemampuan komunikasi, meliputi: 
    • a. mengetahui apa yang diamksud     dengan komunikasi 
    • b. milikilah keberanian untuk menyampaikan apa yang dipikirkan
    • c. berlatihlah

  • =libatkan lawan bicara, meliputi: 
    • a. lakukan kontak mata
    • b. gunakan gestur tubuh
    • c.jangan menyampaikan pesan yang campur aduk
    • d. hati-hati dengan apa yang dikatakan oleh tubuh 
    • e. tunjukan sikap dan kepercayaan yang kontruktif
  • =Gunakan kata-kata anda, meliputi:
    • a. uatarakan kata-kata anda dan ucapkan dengan jelas
    • b. perlambatlah cara bicara anda 
 












  •  =Gunakan suara anda, meliputi:
    • a. kembangkan dan hidupkan suara anda
    • b. atur volume suara anda







G.  Ciri- ciri komunikasi tidak efektif
a. bertele-tele
b. malu-malu
c. marah-marah
d. maksud yang disampaikan tidak jelas
e. tersembunyi maksud pesan
f. non verbal
g. satu arah
h. tidak responsive
i. tidak nyambung
j. tidak terbuka

daftar pustaka:
http://id.wikihow.com/Mengembangkan-Kemampuan-Komunikasi-yang-Baik
https://edoparnando27.wordpress.com/komunikasi-efetif/
http://www.komunikasipraktis.com/2014/09/teknik-dasar-komunikasi-efektif.html
http://faisal-wibowo.blogspot.co.id/2013/01/komunikasi-verbal-dan-nonverbal.html

>

0 komentar:

Posting Komentar

 

"Gold Generation" Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting