TEKNOLOGI MEDIA
KOMUNIKASI
Forum Diskusi
PERTANYAAN:
1)
Bagaimana pengertian media
komunikasi
2)
Apa bentuk media
komunikasi massa yang mudah ditemukan di masyarakat?
3)
Bagaimana jika manusia di
bumi jika hidup tanpa teknologi media komunikasi?
4)
Bagaimana hubungan antara
media dan masyarakat?
5)
Apakah teknologi media
komunikasi dapat mempengaruhi perasaan, pikiran dan tindakan manusia?
6)
Bagaimanakah urutan
sejarah media komunikasi?
JAWABAN:
1) Media komunikasi merupakan
sebuah sarana atau alat yang dipakai sebagai penyampaian pesan dari komunikator
kepada khalayak. Media sangat dominan dalam berkomunikasi ialah pancaindra
manunsia seperti mata, telinga.
Media
komunikasi juga dijelaskan untuk sebuah sarana yang dipakai utnuk memproduksi,
mengolah, reproduksi, serta mendistribusikan untuk menyampaikan sebuah
informasi. Media komunikasi sangat berperan penting untuk kehidupan seluruh
masyarakat. Dengan sederhana, media komunikasi merupakan perantara dalam
menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang memiliki
tujuan agar efisien dalam menyebarkan pesan atau informasi. Komunikasi adalah
perdakapann yang berlangsung dengandasar persamaan persepsi.
2) Bentuk media komunikasi
yang mudah ditemukan dalam masyarakat
-
Media cetak
Beragam
jenis media komunikasi yang dapat dilakukan melalui sebuah proses percetakan
serta dapat dipakai sebagai sarana menyampaikan informasi atau pesan.
-
Media visual/ media
pandang
Penerimaan
pesan yang tersampaikan dengan melalui panca indera dan dapat dilihat.
-
Media audio
Penerimaan
pesan yang tersampaikan dengan melalui indera pendengaran.
-
Media audio visual aid
Media
komunikasi yang dapat dilihat serta dapat didengar, agar mendapatkan informasi
secara bersamaan.
3) Jika manusia dibumi hidup di
bumi ini tanpa teknologi media komunikasi akan mengakibatkan beberapa dampak negative
terhadap perkembangan globalisasi yang semakin maju. Karena pada dasarnya teknologi
komunikasi merupakan sistem elektronik yang digunakan untuk berkomunikasi antar
individu atau kelompok orang. Teknologi media komunikasi menfasilitasi
komunikasi antar individu atau kelompok orang yang tidak bertemu secara fisik
di lokasi yang sama. Teknologi media komunikasi dapat berupa telpon, telex,
fax, radio, televisi, audio video’ electronic data interchange and e-mail. Selain itu Rogers ( 1986 ) juga berpendapat bahwa
Teknologi komunikasi adalah peralatan-peralatan perangkat keras, struktur
organisasi, dan nilai sosial dengan mana individu mengumpulkan, memproses dan
terjadi pertukaran informasi dengan individu lain. Sehingga manusia dibumi
sangat memerlukan adanya teknologi media komunikasi agar mempermudah semua
aspek kehidupan manusia , baik dari aspek mengakses informasi maupun mengikuti
perkembangan era globalisasi.
Sedangkan dampak jika tidak ada teknologi media
komunikasi antara lain:
a. Informasi yang diperoleh membutuhkan waktu yang lama
b. Ketidakserempakan mendapatkan informasi
c. Adanya perbedaan persepsi/ pendapat ( salah tafsir ) di
dalam berkomunikasi
d. Membutuhkan biaya yang mahal
e. Memicu terjadinya kesenjangan social
4) Hubungan media massa dengan masyarakat adalah
saling memanfaatkan dan saling diuntungkan ( simbiosis mutualisme ) contohnya pada
saat suatu perusahaan sedang dilanda berita negative maka media seringkali
menjadi penanganan krisis dengan memberitakan tentang hal-hal positive tentang
perusahaan tersebut. Pada saat krisis cara yang terbaik dalam penanganan hubungan
media dengan masyarakat adalah dengan menginformasikan usaha-usaha untuk kedepannya.
Selain itu media massa juga dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi dan
publisitas positive pada liputan berita saat Fraksi PDIP DPR mengembalikan
total uang insentif legislasi sebesar 3.4 miliar.
5) Perkembangan teknologi
media komunikasi dpat mempengaruhi pikiran, persaan, dan manusia karena Kini
dengan kemajuan teknologi komunikasi, semakin banyak orang yang menggantungkan
hidup pada media sehingga teknologi media sangat mempengaruhi audiens, misalnya
dalam teori technological determinism yang diperkenalkan oleh Marshall
McLuhan (1911-1980). Kata teori ini, keyakinan bahwa pengembangan teknologi
sangat menentukan perubahasan sosial dan kultural, karena teori ini menerpa
kita dari segala penjuru. Media seolah mendorong rasio dan perasaan kita untuk
bagaimana mengalami dunia.
Marshall
McLuhan menbagi dua jenis media sebagaimana dijelaskan dalam bukunya
Understanding Media yang mengemukakan bahwa kita dapat membagi media
berdasarkan tingkat pengaruhnya kepada audiens, dan tingkat partisipasi audiens
terhadap media. Adapun dua tipe media yaitu :
a)
Hot
media
: adalah media yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap manusia melalui
persepsi sensorisnya,bahkan hanya menggunakan satu sensoris atau sensoris
tunggal saja seperti melalui cahaya/mata dan suara/telinga. Contohnya
fotografi, radio, dan film movie.
b)
Cool
media :
adalah jenis media yang selalu melibatkan lebih sedikit stimulus. Karena
audiens mengakses media ini, maka mereka harus berusaha lebih aktif untuk
berpartisipasi misalnya dengan memanfaatkan semua sensoris secara serentak agar
dapat memahami semua informasi yang mereka terima. Contohnya televisi, forum
seminar, film kartun, dan telepon
6)
Sejarah perkembangan media
komunikasi :
Pertama,
era masyarakat tribal the tribal age. Di era ini, komunikasi manusia
dimediasi melalui komunikasi lisan oral communication karena masyarakat
umumnya terikat dengan budaya lisan oral culture sehingga yang berperan
disini ialah storytelling yang mengandalkan keterlibatan pemikiran
intuitif dan historis. Ada empat karakteristik komunikasi lisan, yaitu :
1.
Mengandalkan emosi di saat
komunikasi lisan, terutama pada waktu mendengarkan sense of hearing,
diiringi rangkulan tangan serta kecupan di kening atau hidung, dan selalu
berusaha menciptakan suasana batin yang aman.
2.
Komunikasi antarpersonal
sangat mengutamakan keterlibatan encouranges high involvement, misalnya
menyatakan sikap simpati dan empati kepada sesama.
3.
Memotivasi pendengar bahwa
apa yang diceritakan itu penting importance of stories.
4.
Komunikasi selalu
memperhatikan interaksi personal.
Kedua,
era masyarakat tulis the age of literacy. Di era ini, komunikasi manusia
dimediasi oleh tulisan yang dibangun berdasarkan prinsip-prinsip bangunan
logika. Ada empat karakteristik dasar dari era masyarakat tulis, yakni:
1.
Sangat didominasi oleh
komunikasi visual.
2.
Mendorong permenungan
pribadi ketimbang melibatkan kelompok.
3.
Memperkenalkan logika.
4.
Matematika, sains, dan
filsafat.
Ketiga,
era percetakan the print age.
Karakteristik:
1.
Di era ini, komunikasi
antarmanusia menekankan pada cetakan visual yang berpusat pada galaksi
Guttenberg,
2.
Peranan mata sangat
dominan, status sains diperhitungkan,
3.
Serta munculnya sikap
individual.
Menekankan
pada image visual. Era ini diawali dengan terbentuknya kesadaran dan
pengalaman hidup dengan prinsip global village. Pada era ini, televisi
merupakan media yang sangat dominan karena melibatkan semua sensori manusia
(persepsi, sikap, stereotip, pikiran, perasaan, emosi, tindakan). Setelah
revolusi telekomunikasi bertumbuh pesat yang mendorong dan mengubah peran
teknologi media, maka studi komunikasi manusia juga mengalami revolusi yang
sangat cepat, dan peranan media dianggap penting untuk dimasukkan dalam model
proses komunikasi manusia. Peranan media, dengan dukungan teknologi
telekomunikasi, ternyata sangat membantu, memudahkan, mempercepat, memperluas
peluang bagi sumber yang mengirimkan dan bertukar informasi kepada audiens.
0 komentar:
Posting Komentar